Selasa, 14 Juni 2016

Sejarah Rohis Firman dari Masa ke Masa



Ada 3 tahap pembagian dalam perkembangan masa sebuah organisasi, yaitu tahap awal (masa pembentukan), kemajuan (masa kejayaan), dan kemunduran (masa kehancuran). Berikut merupakan jabaran pembagian masa rohis firman:

a)      Tahap Awal (Masa Pembentukan)
Pada masa awal pembentukannya, rohis hanya menjadi ekstrakurikuler biasa dimana serangkaian program kerjanya masih banyak yang bersangkutan dengan OSIS sekbid satu. Saat itu, muncul gagasan guna membentuk sebuah organisasi Islam yang berdiri sendiri secara resmi, sehingga di bentuklah organisasi rohis. Awal pembentukannya hanya dari kesepakatan sekelompok orang yang mempunyai satu tujuan sama, yakni memajukan dakwah Islamiyah. Legalitas organisasi masih belum resmi.
Berbagai komponen pembentuk organisasi mulai disusun sistematis. Dimulailah pembagian atas beberapa jabatan sebagai inti bagi organisasi. Peraturan dan AD/ART mulai disusun untuk legalitas. Berbagai kegiatan islami direncanakan sedemikian rupa mencontoh ormas islam dan berdasarkan usulan-usulan.
Kegiatan-kegiatan Islami yang diadakan masih masih sangat sedikit, hanya kegiatan-kegiatan tertentu saja. Fasilitas dan sarana dalam menyebarkan dakwah juga terbatas, serta anggota juga masih sangat minim.

b)      Tahap kemajuan (Masa Kejayaan)
Setelah mengalami masa-masa sulit, rohis akhirnya dapat membuktikan diri menjadi organisasi yang layak diperhitungkan melalui serangkaian kegiatan keagamaannya yang bersifat membangun karakter. Saat itu, antar anggota memiliki komitmen dan dedikasi yang kuat dalam membangun organisasi, sehingga setiap program kerja dapat terlaksana dengan baik. Ukhuwah (persatuan) antar anggota yang sangat erat, menjadi salah satu faktor utama yang melatarbelakangi kemajuan rohis. Meski tak jarang terjadi perbedaan pendapat sehingga menimbulkan konflik antar anggota, namun hal itu tidak begitu mempengaruhi kinerja organisasi. Pada tahun-tahun berikutnya, rohis menjadi lebih maju dan berkembang pesat.

c)      Tahap kemunduran (Masa Kehancuran)
Seiring berjalannya waktu, berkurangnya generasi yang memiliki wawasan keilmuan Islam dan kurangnya kompetensi organisasi mengakibatkan rohis sedikit demi sedikit mengalami kemunduran. Kegagalan proses regenerasi anggota dan pendidikan kepemimpinan yang kurang berfungsi menjadi sebab mengapa organisasi ini mundur. Organisasi hanya sebatas legalitas, dimana setiap kegiatannya sebatas melaksanakan program kerja tanpa makna.
Kegiatan dalam program kerja juga banyak yang dikurangi dengan alasan ‘sulit diwujudkan’,’terlalu makan banyak biaya’, atau ‘kurang efektif’, tanpa melihat bagaimana efeknya bagi para siswa. Semangat dalam berdakwah mulai luntur, hingga tak jarang muncul benih-benih konflik antar anggota yang mengganggu kinerja organisasi. Satu masalah belum terselesaikan, muncul masalah yang lain, mengakibatkan perpecahan internal antar anggota. Akibatnya, hanya sedikit orang yang benar-benar mengurusi organisasi, membuat beberapa kegiatan tidak berjalan dengan semestinya. Belum lagi, bila pihak sekolah tak lagi mendukung kegiatan-kegiatan organisasi yang bermanfaat, membuat perkembangan organisasi menjadi terhambat. Jika hal ini terus dibiarkan, lama kelamaan organisasi menjadi sebatas nama saja hingga akhirnya tiba masa kehancurannya.

Lanjut, pada postingan : Masalah Kemunduran Rohis Firman Masa Sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar